Minggu, 22 Maret 2015

legenda gunung tangkuban perahu

legenda gunung tangkuban perahu adalah cerita rakyat dari tanah sunda atau parahiyangan. menceritakan putri istana yang cantik bernama dayang sumbi yang terpaksa menikah dengan pengawalnya karena dayang sumbi tgerlanjur bersumah, siap yang bisa mengambilkan benang sulam dia yang jatuh maka dia akan menikahi orang itu. berhubung pengawalnya yang menemukan benang itu maka dayang sumbi terpaksa menikahi pengawalnya. tentusaja sang raja, ayah dayang sumbi murka, kemudian sang raja mengutuk pengawaknya menjadi anjing.

singkast cerita, dayang sumbi hamil dan melahirkan seorang anak, namun karena sebuah kesalahan anaknya dayang sumbi yang diberi nama sangkuriang tidak sengaja membunuh anjingnya yangsetia, yang tidak lain adalah ayah kandungnya sendiri.



melihat ayahnya terbunuh , dayang sumbi marah dan mengusir sangkuriang..

beberapa tahun setelah diusir ibunya, sangkuriang mengembara keberbagai tempat dan berguru kepada seorang resi yang sangat sakti, sehingga membuat sangkuriang menjadi sakti.

 dalam pengembaraanya, secara kebetulan sangkuriang beremu kembali dengan ibunya. namun, masing masing ibu dan anak ini tidak saling mengenali dan akhirnya merekapun saling jatuh cinta.

disiniah awal mula legenda  gunung tangkuban perahu di mulai, dayang sumbi yang akhirnya tahu jika pemuda tampan yang menjadi kekasihnya itu adalah anaknyba sendiri sengaja membuat persyaratan yang berat untuk membuat sebuah dana dan perahu sebagai mas kawin pernikahan. dengan harapan nanti sangkuriang gagal melaksanakan permintaanya itu.

dengan kesakstianya, sangkuriang berhasil melaksanakan permintaan ibunbya, namun dayang sumbi tidak kurang akal. dengan dibantu para gadis pendudk desa, pagi pagi buta, sebelum perahu yang dibuat sangkuriang benar benar selesai, para gadis membunyikan lesung. mendengar suasra bising lesung maka para ayam njago penduduk pada berkokkok, karena mengira hari sudah pagi, dengan begitu sangkuriang gagal memenuhi permintaan dayangsumbi. mengetahui gagal memenuh ipermintaan kekasihnya , sangkuriang marah dan menedang perahu yang setengah jadi tersebut dan jatuh terbali, tak ajuh dari danau yang dia buat. hingga sekarang perahu yang terbalik itu berubah menjadi sebuah bukit yang dinamakan bukilt tangkuban berahu.

nah itulah legenda ceria rakyat gunung tgangkuban perahu. untuk lihad videonya silahkan anda tonton dan download gratis. salam.

(
) -
%
Estimated Time:

Global Preferences

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates